PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL RIMPANG LENGKUAS (Alpinia galanga) TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI OTAK MENCIT JANTAN (Mus musculus L) YANG DIINDUKSI Monosodium glutamate (MSG)

Emeraldha Theodorus, 1418011073 (2018) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL RIMPANG LENGKUAS (Alpinia galanga) TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI OTAK MENCIT JANTAN (Mus musculus L) YANG DIINDUKSI Monosodium glutamate (MSG). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEDOKTERAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1734Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1323Kb) | Preview
Official URL: https://digilib.unila.ac.id

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang: Monosodium glutamate (MSG) menimbulkan kerusakan otak yang ditandai dengan adanya nekrosis neuron secara mikroskopis dan defisit neurologis secara klinis. Lengkuas memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi otak. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol rimpang lengkuas (Alpinia galanga) terhadap gambaran histopatologi otak mencit (Mus musculus L) jantan yang diinduksi Monosodium glutamate (MSG). Metode: Penelitian ini menggunakan 30 mencit yang dibagi ke dalam 5 kelompok perlakuan. K(-) tidak diberi perlakuan, K(+) diberi MSG 4 mg/grBB intraperitoneal, P1 diberi MSG 4 mg/grBB intraperitoneal dan ekstrak lengkuas 14 mg/20 grBB oral, P2 diberi MSG 4 mg/grBB intraperitoneal dan ekstrak lengkuas 28 mg/20 grBB oral, dan P1 diberi MSG 4 mg/grBB intraperitoneal dan ekstrak lengkuas 56 mg/20 grBB oral. Hasil: Rerata jumlah nekrosis neuron yang didapatkan antara lain K(-) 3,8; K(+) 5,4; P1 5,4; P2 5; dan P3 4,8. Setelah dilakukan uji statistik dengan uji One-Way ANOVA diperoleh nilai p =0,105. Simpulan: Tidak terdapat pengaruh pemberian ekstrak etanol rimpang lengkuas (Alpinia galanga) terhadap gambarah histopatologi otak mencit (Mus musculus L) jantan yang diinduksi Monosodium glutamate (MSG).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 35241802 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2018 05:03
Terakhir diubah: 01 Feb 2018 05:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30103

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir