SULANDARI, 1313093122 (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN 4 SUMUR KECAMATAN KETAPANG LAMPUNG SELATAN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1147Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1147Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas V SDN 4 Sumur pada pembelajaran IPS. Dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS, dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Jenis model penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Dengan tahapan setiap siklus yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes, teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari siklus 1 ke siklus II persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa siklus 1 sebesar 41% dengan kategori kurang aktif dan meningkat ke siklus II sebesar 86% kategori sangat aktif, ketuntasan hasil belajar kognitif di siklus I sebesar 48,14% kategori kurang, dan meningkat di siklus II sebesar 78% kategori baik. Kata Kunci: Aktivitas ,Hasil belajar Jigsaw,
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 76565288 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 03:01 |
Terakhir diubah: | 02 Feb 2018 03:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30126 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |