PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BIJI PEPAYA (Carica papaya L.) TERHADAP STRUKTUR LAPISAN ENDOMETRIUM PADA MENCIT (Mus musculus L.)

M. RIZKY RAMADHAN , 1417021066 (2018) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BIJI PEPAYA (Carica papaya L.) TERHADAP STRUKTUR LAPISAN ENDOMETRIUM PADA MENCIT (Mus musculus L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (895Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (673Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemerintah telah melakukan upaya dalam mengatasi tingginya angka kelahiran, salah satunya memberlakukan program Keluarga Berencana (KB) dengan metode kontrasepsi. Namun penggunaan obat KB memiliki efek samping yang merugikan bagi penggunanya. Oleh karena itu masyarakat mulai menggunakan obat kontrasepsi alami dengan bahan dasar herbal, salah satunya adalah pepaya. Biji pepaya memiliki kandungan senyawa flavonoid, triterpenoid, dan saponin. Salah satu dari senyawa tersebut bersifat fitoestrogen yang memiliki fungsi menghambat siklus reproduksi. Salah satu bagian yang berperan penting dalam siklus reproduksi adalah uterus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak biji pepaya yang diberikan kepada mencit betina terhadap struktur lapisan endometrium berdasarkan ketebalan dari lapisan endometrium dan jumlah kelenjar endometrium. Pemberian ekstrak dilakukan selama 14 hari dengan 1 kelompok kontrol dan 3 kelompok perlakuan yaitu kelompok K (kontrol) diberi 0,4 ml aquabides, Kelompok perlakuan (P1) 2 mg/40 gr BB dalam 0,4 ml aquabides, Kelompok perlakuan (P2) 4 mg/40 gr BB dalam 0,4 ml aquabides, dan kelompok perlakuan (P3) 8 mg/40 gr BB dalam 0,4 ml aquabides. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf kepercayaan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemberian ekstrak biji pepaya tidak memberikan pengaruh nyata terhadap ketebalan endometrium pada uterus mencit, namun memberikan pengaruh nyata terhadap penurunan jumlah kelenjar pada endometrium meskipun antar kelompok perlakuan tidak menunjukkan perbedaan yang nyata. Kata Kunci : biji pepaya (Carica papaya L.), reproduksi mencit, uterus, endometrium.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
> RS Pharmacy and materia medica
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 82241327 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2018 03:43
Terakhir diubah: 02 Feb 2018 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30132

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir