HUBUNGAN PARITAS TERHADAP KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG PERIODE MARET- AGUSTUS 2017

Aulia Ulfa Raydian , 1418011035 (2018) HUBUNGAN PARITAS TERHADAP KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG PERIODE MARET- AGUSTUS 2017. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (INGGRIS INDONESIA).pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak

Latar Belakang: Persalinan dengan ketuban pecah dini berisiko tinggi terhadap kematian ibu dan bayi, yang mana salah satu penyebabnya adalah paritas. Paritas salah satu faktor terjadi ketuban pecah dini dimana ibu bersalin dengan multiparitas cenderung lebih mudah terjadi mengalami KPD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan paritas dengan kejadian KPD pada ibu bersalin. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analisis observasional dengan rancangan cross sectional. Sebanyak 249 sampel dipilih dengan teknik pengambilan sampel berturut-turut. Data dikumpulkan dari rekam medik pasien di ruang kebidanan RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Propinsi Lampung. Kriteria inklusi dari penelitian ini adalah ibu kelahiran KPD. Pasien disertai ketidakakuratan data paritas, dan rekam medis yang rusak dikeluarkan dari sampel penelitian. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 59 pasien (23,69%) mengalami kejadian KPD dan sebanyak 31 (12,44%) pasien yang mengalami KPD dengan multiparitas. Berdasarkan uji Chi-kuadrat, p = 0,031 (p <0,05) diperoleh. Kesimpulan: Terdapat hubungan ketuban pecah dini dengan paritas ibu inpartu di Dr. H. Abdul Moeloek. Kata Kunci: : Ketuban pecah dini, Paritas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > R Medicine (General)
> RG Gynecology and obstetrics
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 63698984 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2018 09:23
Terakhir diubah: 02 Feb 2018 09:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30163

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir