PENGARUH ANTI OBESITAS METFORMIN DAN EKSTRAK DAUN TEH HIJAU PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) GALUR SPRAGUE DAWLEY DENGAN DIET TINGGI LEMAK

Harry Salomo, 1418011097 PENGARUH ANTI OBESITAS METFORMIN DAN EKSTRAK DAUN TEH HIJAU PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) GALUR SPRAGUE DAWLEY DENGAN DIET TINGGI LEMAK. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEDOKTERAN. (Tidak diterbitkan)

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (343Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (21Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (18Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Obesitas merupakan permasalahan global, lebih lagi di Indonesia. Obesitas merupakan faktor resiko berbagai macam penyakit. Peresepan metformin secara tidak resmi untuk obesitas telah luas dilakukan Selain itu, teh hijau dikenal sukses mengurangi berat badan melalui berbagai senyawa aktifnya. Obat – obat yang digunakan kini, memberikan efek samping, tidak nyaman, dan untuk memberikannya perlu memperhitungkan semua resiko dibanding manfaat yang didapat. Metode Penelitian: Jenis penelitian eksperimental dengan rancangan acak lengkap. Sampel terdiri dari 20 ekor mencit jantan dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu kelompok kontrol dengan aquadest (K), metformin dosis harian (P1), metformin dosis tinggi (P2), dosis ekstrak teh hijau dosis harian (P3), dan daun teh hijau dosis tinggi. Ekstrak (P4). Berat badan dicatat setiap minggu. Hasil Penelitian: Rerata selisih berat badan dianalisis dengan uji t independen menunjukkan nilai p <0,05 pada metformin dosis tinggi dan ekstrak teh hijau antara hari 7 ke 14 dan pada dosis tinggi metformin hari 7 ke 21; p <0,05 juga ditunjukkan pada ekstrak teh hijau pada rerata berat badan pada hari 21 ke 28. Simpulan: Terdapat pengaruh metformin dosis tinggi dan ekstrak teh hijau pada penghambatan pertumbuhan berat badan pada hari 7 ke 14, metformin pada hari 7 ke 21, dan pada dosis harian tidak berpengaruh.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > R Medicine (General)
> RM Therapeutics. Pharmacology
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 34437557 . Digilib
Date Deposited: 06 Feb 2018 09:06
Terakhir diubah: 06 Feb 2018 09:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30207

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir