KARAKTERISASI TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERPEN KAKI LANGIT KARYA SISWA SMA DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

MEI ARIYANTI, 1013041040 (2017) KARAKTERISASI TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERPEN KAKI LANGIT KARYA SISWA SMA DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1066Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1067Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakterisasi tokoh utama pada cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen Kaki Langit karya siswa SMA dan menyusun rancangan pembelajarannya dalam ranah pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen Kaki Langit karya Siswa SMA. Kumpulan cerpen ini terdiri atas sembilan cerpen pilihan Horison yang terbit pada 2011 sampai 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sembilan cerpen dalam kumpulan cerpen tersebut, (“Hidupmu,Dramamu”, “Patilan Rantau”,”Surya”, “Secercah Asa dalam Bahasa”, “Purna”, “Biarkan Api Membakar Kami”, “Dandelion”, “Adolf Tak Bisa ke Langit”, dan “Lautan Darah”) menyajikan karakterissai tokoh utama dengan dua metode, yakni langsung (telling) dan tak langsung (showing). Hasil penelitian ini disusun menjadi sebuah rancangan pembelajaran sastra di SMA dengan kurikulum 2013. Karakterisasi tokoh utama dalam kumpulan cerpen Kaki Langit dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran yakni, setelah membaca teks cerpen siswa mampu mengidentifikasi karakterisasi tokoh utama yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Karakterisasi tokoh utama pada cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen Kaki Langit karya Siswa SMA dapat dijadikan alternatif bahan ajar dalam pembelajaran sastra khususnya apresiasi sastra prosa. Kata Kunci: karakterisasi, telling, showing, pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 90911001 . Digilib
Date Deposited: 22 Feb 2018 06:49
Terakhir diubah: 22 Feb 2018 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30505

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir