KAJIAN PENGGUNAAN TEPUNG PUCUK DAUN Indigoferazollingeriana SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG KEDELAI UNTUK PAKAN IKAN GURAME Osphronemus gourami (Lacepede,1801)

Anrifal Mawalgi Mulyono, 1314111005 (2018) KAJIAN PENGGUNAAN TEPUNG PUCUK DAUN Indigoferazollingeriana SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG KEDELAI UNTUK PAKAN IKAN GURAME Osphronemus gourami (Lacepede,1801). Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1127Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1127Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pakan merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi pada saat budidaya ikan gurame Osphronemus goramy (Lacepede, 1801). Mahalnya harga bahan baku pakan terutama sumber protein, menyebabkan harga pakan komersil yang tinggi. Salah satu bahan baku lokal murah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan sesuai dengan kebutuhan hidup ikan gurame adalah tepung daun Indigofera zollingeriana. Indigofera memiliki kandungan protein hingga 30,74%. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mempelajari penggunaan tepung pucuk Indigofera zollingeriana sebagai sumber protein nabati untuk pakan ikan gurame Osphronemus gouramy. Aplikasi tepung daun Indigofera zollingeriana dilakukan dengan menggunakan campuran tepung kedelai sebesar 25%, 50%, 75%, dan 100%. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah penggunaan tepung pucuk Indigofera zollingeriana dalam pakan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ikan gurame. Penggunaan bahan pakan dengan perbandingan tepung pucuk indigofera 50% dan tepung kedelai 50% sebagai protein primer dalam komposisi pakan merupakan hasil terbaik pada penelitian ini. Kata kunci : pakan, Osphronemus goramy (Lacepede, 1801), tepung daun Indigofera zollingeriana, pertumbuhan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya hewan
> Budidaya . Perikanan . Angling
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Budidaya Perairan
Pengguna Deposit: 65748332 . Digilib
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:15
Terakhir diubah: 26 Feb 2018 02:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30509

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir