PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK BERBASIS MORAL REASONING PADA MATERI SUARA HATI UNTUK KELAS X SMU

ANDREAS SUNARYO , 1523011001 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK BERBASIS MORAL REASONING PADA MATERI SUARA HATI UNTUK KELAS X SMU. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK ).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1541Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1542Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) kondisi bahan ajar dan potensi bahan ajar yang akan dikembangkan, 2) efektifitas, 3) efisiensi, dan 4) kemenarikan. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian dan pengembangan bahan ajar modul. Penelitian dilakukan di SMU Xaverius Pahoman, SMU Xaverius Pringsewu dan SMU Bhakti Baradatu. Pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, angket dan tes. Data di analisis secara statistik deskriptif dan n-Gain. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1). Pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa (15- 17 th) kurang termotivasi untuk belajar menggunakan sumber belajar buku paket, sehingga bahan ajar berupa modul berpotensi untuk dikembangkan dan digunakan sebagai sumber belajar siswa . 2). Produk modul terbukti efektif dengan dengan skor dari nilai n-Gain kelas eksperimen (14.91 ) > nilai n-Gain kelas kontrol (14,71). 3) Penggunaan modul efisien digunakan dalam pembelajaran, dengan nilai efisiensi ( 1,5) . 4). Modul masuk dalam kategori menarik (88,85%). Kata Kunci : bahan ajar, modul, moral reasoning abstract The purpose of this study is to describe: 1) the condition of existing teaching materials and the potential of teaching materials to be developed, 2) effectiveness, 3) efficiency, and 4) attractiveness. The study used a research and development approach. The research was conducted at three high schools SMA Xaverius Pahoman, SMA Xaverius Pringsewu and SMU Bhakti Baradatu. The data were collected using observation, unstructured interviews, questionnaires and class tests. The data were analyzed using descriptive statistic and n-Gain statistic. The conclusions of this study were: 1). The learning condition is still teacher-centered, the characteristics of students aged 15-17 years are less motivated to learn to use book learning resources, so that the potential to be developed in the form of module teaching materials. 2). Effective module product with category index gain high, everage value of n-Gain experimental class (14,91) > control class (14, 71). 3). Efficient use of module used in learning, with efficiency values of (1,5) . 4). The appeal of modules in the category of interest (88.85%). Keywords : teaching materials, modules, moral reasoning

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: 67780756 . Digilib
Date Deposited: 01 Mar 2018 06:27
Last Modified: 01 Mar 2018 06:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30699

Actions (login required)

View Item View Item