DESKRIPSI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMALB-C DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016-2017

KHAIRULAFANDI , 1013033042 (2018) DESKRIPSI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMALB-C DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016-2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (853Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (853Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sebagaimana tercantum dalam pasal 31 UUD 1945 bahwa “setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan” dari pasal tersebut jelas bahwa setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan t anpa melihat status dan golongan baik itu kaya, miskin, baik itu normal atau berkebutuhan khusus sekalipun. Di Bandar lampung terdapat SMALB-C Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yaitu Sekolah Menengah Atas Luar Biasa yang diperuntukan bagi siswa/siswi penyandang Tunagrahita. Disekolah tersebut ada beberapa siswa belum mampu berkomunikasi dengan baik bahkan ada siswa yang belum mampu baca tulis dan hitung. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajarannyapun berbeda dengan anak-anak normal biasanya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) mengetahui jenis-jenis Tunagrahita di SMALB-C Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung. 2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran di SMALB-C Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar lampung. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam `pelaksanaan pembelajaran di SMALB-C Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Siswa di SMALB-C Dharma Bhakti Dharma Pertiwi terdiri dari dua Kategori Tunagrahita yaitu Tunagrahita ringan dan sedang yang sudah bisa dikondisikan untuk mengikuti pelajaran. 2) Guru harus lebih kreatif dan komunikatif dalam mengolah kelas, selain itu dalam penyampaian materi harus lebih singkat, jelas dan berulang-ulang agar siswa lebih paham. Media yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan benda-benda yang nyata dan mudah dipahami oleh siswa. Model pembelajaran yang sering digunakan adalah Picture and Picture, Demontrasi. 3) Beberapa factor yang mendukung dalam pembelajaran adalah terdapat sarana dan prasarana yang memadai, siswa yang sudah patuh, kerjasama guru, kerjasama orang tua dan guru. Selain factor pendukung adabeberap factor penghambat yaitu ruang kelas yang terbatas, kurangnya tenaga pendidik, siwa yang tidak dipisah dan buku paket siswa dan guru yang telat datang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Psikologi (General)
> > Psikologi (General)

> LA History of education
> LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 201808168 . Digilib
Date Deposited: 13 Apr 2018 06:54
Terakhir diubah: 13 Apr 2018 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30947

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir