HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI DI SMA TAMAN SISWA BANDAR LAMPUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

DINA YUNITA , 1343034005 (2018) HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI DI SMA TAMAN SISWA BANDAR LAMPUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1208Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1210Kb) | Preview

Abstrak

Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam berinovasi dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih inovatif, kreatif, menyenangkan, dan menarik. Kemampuan siswa dalam pemanfaatan sumber belajar internet ini sangat diperlukan untuk digunakan secara positif dalam kegiatan belajar sehingga hasil belajar geografi meningkat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi terhadap prestasi belajar geografi siswa di SMA Taman Siswa Kota Bandar Lampung pada Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Taman Siswa Bandar Lampung Tahun Pembelajaran 2016-2017 sebanyak 190 siswa. Sampel diperoleh sebanyak 57 siswa, dengan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi sebagaivariabel bebas dan prestasi belajar geografi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif korelasi, dan metode analisis statistik inferensial dengan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi dengan prestasi belajar geografi pada siswa SMA Taman Siswa Kota Bandar Lampung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan koefisien korelasi yang diperoleh nilai rhitung sebesar 0,4937, diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,4937 > 0.2609) dan nilai koefisien korelasi (r) berada antara nilai 0 dan +1 (0 < r < +1) yang berarti positif. Serta berdasarkan hasil uji keberartian koefisien korelasi, diperoleh nilai thitung sebesar 4,210, diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,210 > 1,67303) yang berarti signifikan. Kata Kunci : Pemanfaatan Internet, Sumber Belajar, Prestasi Belajar ABSTRACT Utilization of the Internet as a source of learning geography is expected to provide ease in innovating in the learning process so that the learning process becomes more innovative, creative, fun, and interesting. The ability of students in the utilization of internet learning resources is very necessary to be used positively in the learning activities so that the learning of geography increases. The purpose of this study is to determine the relationship of Internet use as a source of geography learning on student geography learning achievement in Taman Siswa High School Bandar Lampung City in the Year of Learning 2016/2017. The population in this study is all students of Taman Siswa Bandar Lampung High School of Learning Year 2016-2017 as many as 190 students. The sample was obtained by 57 students, with simple random sampling technique. The variables in this research is the use of the internet as a source of learning geography as independent variables and geography learning achievement as a dependent variable. Methods of data collection is done by means of questionnaires and documentation. Data analysis method used is descriptive percentage, and method of inferential statistical analysis with product moment pearson correlation. The results showed that there is a positive and significant relationship between the use of the Internet as a source of geography learning with the achievement of learning geography at high school students Taman Siswa Bandar Lampung. This is indicated by the result of calculation of correlation coefficient obtained rcount value of 0.4937, it is known that rhitung bigger than rtabel (0,4937> 0,2609) and value of correlation coefficient (r) is between 0 and +1 (0 <r < +1) which means positive. And based on the results of significance test of correlation coefficient, obtained tcount value of 4.210, it is known that t count is greater than ttable (4.210 > 1.67303) which means significant. Keywords: Internet Utilization, Learning Resources, Learning Achievement

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: 201894818 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2018 08:40
Last Modified: 18 Apr 2018 08:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31050

Actions (login required)

View Item View Item