ANALISIS STARATEGI DINAS PARIWISATA KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG DALAM MENGEMBANGKAN OBYEK WISATA DI PANTAI SARI RINGGUNG

FITRI MELATI, 1526021027 (2018) ANALISIS STARATEGI DINAS PARIWISATA KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG DALAM MENGEMBANGKAN OBYEK WISATA DI PANTAI SARI RINGGUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (94Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1546Kb)
[img]
Preview
Text
TESISTANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (929Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Pesawaran dalam peningkatan obyek wisata di Pantai Sari Ringgung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik wawancara. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) yang di susun oleh Pemerintah Daerah sudah sesuai dengan kebutuhan pengembangan obyek pariwisata. (2) Penyiapan program pengembangan pariwisata semua sudah dilakukan tinggal dilakukan optimalisasi dalam pelaksanaan mengingat masih ada beberapa program yang kurang berjalan optimal. (3) Pemerintah daerah telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak mulai dari swasta sampai dengan masyarakat, kerjasama dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan usaha ekonomi kreatif, melakukan kontrol dan koordinasi dengan pihak swasta dalam pelestarian terumbu karang, merehabilitasi terumbu karang yang sudah rusak. (4) Peningkatan promosi dan pemasaran pariwisata telah dilakukan, seperti memasarkan dan mempromosikan obyek wisata supaya dapat dikenal oleh para wisatawan antara lain melalui kerjasama dengan biro perjalanan, memasang baliho, booklet, melakukan sosialisasi atau iklan melalui media elektronik serta pemilihan duta wisata. Kata Kunci: Strategi Dinas Pariwisata, Rencana Induk Pengembangan Daerah, Program Kemitraan, Promosi dan Pemasaran Pariwisata ABSTRACT The purpose of this research is to find out and analyse the strategies implemented by the tourism and Creative Economy Pesawaran Regency in increased tourism in the beach of Sari Ringgung. The methods used in this research is qualitative method with interview techniques. The results of the research in this study are as follows: (1) Regional tourism development master plan which is in the bunk by the local government is in compliance with the requirements of the development of tourism destinations. (2) The preparation of a tourism development program all have done live optimization done in implementation given there are still some programs that lack running optimally. (3) The local Government has been cooperating with various parties ranging from private up to the community, the cooperation undertaken with the aim to improve the economic efforts of creative control and coordination with private parties in the preservation of coral reefs, rehabilitate coral reefs already damaged. (4) Increased promotion and marketing of tourism has already been done, such as market and promote tourism so that it can be known by tourists, among others, through a partnership with travel agencies, put up billboards, booklets, do dissemination or advertising through electronic media as well as the election of Ambassador tours. Key Words: Strategy of Tourism, Regional Development Master Plan, Partnership Programs, Promotion and Marketing of Tourism

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > H Social Sciences (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Depositing User: 201830661 . Digilib
Date Deposited: 25 Apr 2018 04:34
Last Modified: 25 Apr 2018 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31185

Actions (login required)

View Item View Item