Asih Sekar Ningrum, 1313041009 (2018) PENGGUNAAN BAHASA DALAM POSTER DI KOTA BANDAR LAMPUNG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2584Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1340Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGGUNAAN BAHASA DALAM POSTER DI KOTA BANDAR LAMPUNG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARA BAHASA INDONESIA DI SMA Oleh Asih Sekar Ningrum Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa khususnya keefektifan kalimat dalam poster di kota Bandar Lampung serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa dalam poster di Kota Bandar Lampung dengan mengidentifikasi bahasa yang digunakan serta implikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskritif kualitatif, yakni prosedur penyelesaian masalah dengan memaparkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampil sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah poster-poster yang dipasang di Kota Bandar Lampung terdiri atas poster kegiatan, poster lingkungan, poster niaga, dan poster penerangan. Data penelitian berupa bahasa khususnya kalimat efektif yang digunakan dalam poster kegiatan, poster lingkungan, poster niaga, dan poster penerangan.Dari hasil penelitian, diketahui kalimat efektif pada poster yang dipasang di Kota Bandar Lampung dengan ciri kesepadanan berjumlah 21 poster dari 23 poster dengan persentase 91,30%; kesejajaran berjumlah 16 poster dari 23 poster yang dengan persentase 69,56%; penekanan berjumlah 17 poster dengan persentase 73,91%; kehematan berjumlah 15 dari 23 poster yang dipasang di Kota Bandar Lampung dengan persentase 65,21%. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA sebagai sumber atau bahan pembelajaran, yaitu dengan Kompetensi Dasar teks iklan dan 4.1 menginterpretasi makna teks iklan. Kata kunci : bahasa, kalimat efektif, poster.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 201826594 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 02:54 |
Terakhir diubah: | 26 Apr 2018 02:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31236 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |