PENGARUH EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. Var. Rubrum) TERHADAP JUMLAH SEL SPERMATOSIT PRIMER DAN SEL SPERMATID MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) YANG DI INDUKSI PARAQUAT DIKLORIDA

SITI UMAIROH, 1417021113 (2018) PENGARUH EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. Var. Rubrum) TERHADAP JUMLAH SEL SPERMATOSIT PRIMER DAN SEL SPERMATID MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) YANG DI INDUKSI PARAQUAT DIKLORIDA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (751Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (596Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jenis paraquat diklorida (1,1’-dymethil-4,4’-bipyridinium dichloride) merupakan herbisida yang biasa digunakan oleh para petani di Indonesia. Namun jenis herbisida ini menimbulkan radikal bebas dan dapat mempengaruhi organ reproduksi pria, sehingga menimbulkan infertilitas seperti penurunan jumlah sel spermatogenik. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan zat antioksidan yaitu salah satunya adalah jahe merah yang mampu mengatasi masalah infertilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ekstrak etanol jahe merah dapat meningkatkan jumlah sel spermatogenik mencit (Mus musculus L) meliputi sel spermatosit primer dan sel spermatid yang diinduksi herbisida paraquat diklorida. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 24 ekor mencit jantan yang terbagi dalam 6 kelompok perlakuan dengan masing- masing 4 ulangan. Kelompok I sebagai kontrol ( H2O), kelompk II (Jahe18 mg/ml), kelompok III (Paraquat 20mg/BB), kelompok IV (Pq 20 mg/BB + EEJM 6 mg/ml), kelompok V (Paraquat 20mg/BB + EEJM 12 mg/ml) dan kelompok VI (Paraquat 20mg/BB + EEJM 18 mg/ml). Paraquat diberikan 2 kali dalam seminggu selama 21 hari, sedangkan ekstrak etanol jahe merah diberikan selama 35 hari. Parameter sel-sel spermatogenik yang dilihat pada penelitian ini adalah jumlah sel spermatosit primer dan sel spermatid mencit jantan dan dilakukan Analisis varian (ANOVA) serta Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol jahe merah 6 mg/ml, 12 mg/ml dan 18 mg/ml dapat meningkatkan jumlah sel spermatosit primer dan sel spermatid mencit jantan yang diinduksi paraquat diklorida. Kata kunci : Infertilitas, jahe merah, sel spermatogenik, mencit jantan, paraquat diklorida.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201825800 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2018 07:52
Terakhir diubah: 26 Apr 2018 07:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31252

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir