IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA SMP se-Kecamatan Labuhan Maringgai)

RICHA AMELIA, 1313024073 (2018) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA SMP se-Kecamatan Labuhan Maringgai). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (668Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (531Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru IPA SMP se-Kecamatan Labuhan Maringgai dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Sampel penelitian adalah 30 guru IPA SMP se-Kecamatan Labuhan Maringgai. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian mengenai kesulitan guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen berupa data kualitatif yang didapatkan dari wawancara, dan didapatkan dari angket tanggapan guru. Jenis data terdiri atas data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan wawancara tentang kesulitan guru IPA dalam merencanakan serta melaksanakan asesmen, dan data sekunder yang diperoleh dari latar belakang pendidikan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kesulitan yang dialami guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen tergolong cukup, dengan persentase kesulitan dalam merencanakan asesmen 58% yaitu guru masih kesulitan dalam menentukan teknik asesmen dan menentukan bentuk asesmen dengan mengaplikasikannya di dalam kelas. Sedangkan dalam melaksanakan asemen 42%. Persentase tertinggi yang menyebabkan guru cukup kesulitan dalam merencanakan asesmen adalah menetapkan tujuan pembelajaran, hal tersebut didukung dengan persentase yang rendah dari angket terbuka yang menuntut guru menentukan tujuan pembelajaran sesuai dengan KD. Sementara persentase tertinggi yang menyebabkan guru cukup kesulitan dalam melaksanakan asesmen adalah dalam pelaksanaan asesmen ranah afektif, terutama dalam mengamati aspek sikap dan mengkondisikan pelaksanaan asesmen, karena sikap dan karakter peserta didik sewaktu-waktu dapat berubah. Kata kunci: Asesmen, Guru IPA, Kesulitan, Melaksanakan, Merencanakan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 201839120 . Digilib
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:39
Terakhir diubah: 30 Apr 2018 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31359

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir