PERAN DINAS PEMUDA DAN OLAH RAGA TERHADAP EKSISTENSI OLAH RAGA EKSTRIM DI PROVINSI LAMPUNG (Studi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung)

Muhammad Afif Subayyil, 1342011123 (2018) PERAN DINAS PEMUDA DAN OLAH RAGA TERHADAP EKSISTENSI OLAH RAGA EKSTRIM DI PROVINSI LAMPUNG (Studi pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung). Fakultas Hukum, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2851Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2562Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keberadaan olahraga ekstrim di Provinsi Lampung seharusnya mendapatkan pembinaan dan pengembangan sebagaimana diatur dalam Pasal 12 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, namun secara formal Pemerintah Provinsi belum mengatur mengenai keberadaan olahraga ekstrim dalam sebuah Peraturan Daerah, Peraturan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga maupun produk hukum lainnya. Permasalahan penelitian: (1) Bagaimanakah peran Dinas Pemuda dan Olahraga terhadap eksistensi olah raga ekstrim di Provinsi Lampung? (2) Apakah faktor-faktor yang menjadi penghambat peran Dinas Pemuda dan Olahraga terhadap eksistensi olah raga ekstrim di Provinsi Lampung? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dan empiris. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan melalui studi pustaka dan studi lapangan. Informan penelitian berasal dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung dan Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Provinsi Lampung. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Peran Dinas Pemuda dan Olahraga terhadap eksistensi olah raga ekstrim di Provinsi Lampung dilaksanakan dengan mengizinkan para penggiat olahraga ekstrim untuk beraktivitas/berlatih di areal PKOR Way Halim, sebagai wujud kepedulian dan pembinaan. Hal merupakan kebijakan yang bersifat diskresi atau fries ermessen dari kepala Dinas, mengingat selama ini belum ada Peraturan Daerah Provinsi Lampung atau Peraturan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung yang secara khusus mengatur olahraga ekstrim. (2) Faktor penghambat peran Dinas Pemuda dan Olahraga terhadap eksistensi olah raga ekstrim di Provinsi Lampung adalah belum adanya data yang valid mengenai olahraga ekstrim mengenai jenis olahraganya, jumlah penggiatnya, program dan kegiatannya serta kepengurusannya. Selain itu belum adanya bidang khusus yang membawahi olahraga ekstrim sehingga menjadi kendala bagi Dinas Pemuda dan Olahraga untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap olahraga ekstrim. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Pemerintah Provinsi Lampung dan Dinas Pemuda dan Olahraga agar memberlakukan peraturan terkait dengan olahraga ektrim di Provinsi Lampung sebagai wujud pembinaan (2) Dinas Pemuda dan Olahraga disarankan untuk membentuk bidang atau subbidang khusus dalam struktur organisasi yang membawahi olahraga ekstrim, sehingga memudahkan dalam pembinaan dan pengawasan terhadap olahraga ektsrim. Kata Kunci: Peran, Dinas Pemuda dan Olahraga, Olahraga Ekstrim

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > JS Local government Municipal government
> KZ Law of Nations
> RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 201852873 . Digilib
Date Deposited: 02 May 2018 03:44
Terakhir diubah: 02 May 2018 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31379

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir