PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

M. NURUL AZMI, 1113033039 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2411Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1588Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi penelitian pendahuluan di SMA Negeri 2 Gedong Tataan menunjukkan bahwa permasalahan muncul ketika sebagian siswa kurang berfokus dalam proses pembelajaran juga saat berusaha mengingat kembali apa yang sudah didapatkan, dipelajari, dan dicatat maka diperlukan suatu perbaikan dalam proses pembelajaran yang berguna membantu siswa dalam hal mengingat dan mencatat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran, yaitu Model Pembelajaran Mind Mapping. Model Pembelajaran Mind Mapping diketahui mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "apakah ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Gedongtataan Tahun Pelajaran 2017/2018?". Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Gedongtataan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-only Control Design. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji Lilifours. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji Lilifours diperoleh hasil uji hipotesis bahwa thitung = 2,649> ttabel = 2,020, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data secara kuantitatif Model Pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Gedongtataan Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Model Pembelajaran Mind Mapping, Motivasi Belajar, Pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 201875820 . Digilib
Date Deposited: 03 May 2018 04:57
Terakhir diubah: 03 May 2018 04:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31394

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir