TIARA DAMAI YANTI, 1413022067 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KELISTRIKAN FISIKA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (859Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (746Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran pada abad 21 berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) salah satunya keterampilan berpikir kritis. Namun, ketersediaan instrumen keterampilan berpikir kritis di tingkat sekolah menengah atas sangat terbatas. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari enam tahap. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga ahli untuk uji konten, konstruksi, dan bahasa, tiga siswa untuk uji keterbacaan, dan 70 siswa sekolah menengah untuk uji validasi dan reliabilitas empiris. Berdasarkan hasil koefisien korelasi Pearson dan nilai alpha Cronbach, terdapat 4 indikator (dari 6 indikator) dengan 32 item valid dan reliable, dengan demikian instrumen kemampuan berpikir kritis pada materi kelistrikan dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa di tingkat sekolah menengah atas. Kata kunci: Kemampuan Bepikir kritis, Pengembangan, Kelistrikan, Instrumen tes ABSTRACT Teaching and learning in 21 th Century is recommended to achieve higher order thinking skills of instruments of critical thinking skills at senior high school level is very limited. This paper discusses the development of a critical thinking skills instrument on the topic of electricity, dynamic electricity and static electricity for senior high school students. The development procedure consisted of seven stages. The subjects in present study consisted of three experts for content, construct, and language assessment, three students for readability test, and 70 high school students for validity and reliability tests. From the results of Pearson correlation coefficient and Cronbach alpha value, there were 4 indicators with 32 items were valid and reliable. Thus, the critical thinking instrument of electricity topic may be used to measure students’ critical thinking skills at senior high school level. Kata kunci: Critical Thinking Skills, Development, Electricity, Instrument test
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 201884263 . Digilib |
Date Deposited: | 22 May 2018 03:15 |
Terakhir diubah: | 22 May 2018 03:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31473 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |