GAYA BAHASA RETORIS DALAM KUMPULAN PUISI MANTRA SANG NABI KARYA EDY SAMUDRA KERTAGAMA DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

FIRMAN SEPTIHADI, 1413041032 (2018) GAYA BAHASA RETORIS DALAM KUMPULAN PUISI MANTRA SANG NABI KARYA EDY SAMUDRA KERTAGAMA DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1180Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (860Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya bahasa retoris yang terdapat pada kumpulan puisi Mantra Sang Nabi karya Edy Samudra Kertagama dan rancangan pembelajaran-nya di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa retoris yang terdapat pada kumpulan puisi Mantra Sang Nabi karya Edy Samudra Kertagama dan merancang pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan memilih puisi-puisi pada kumpulan puisi Mantra Sang Nabi karya Edy Samudra Kertagama sebagai sumber data. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah gaya bahasa retoris yang berupa fonem, kata, frasa dan klausa dari setiap puisi yang terdapat pada kumpulan puisi Mantra Sang Nabi karya Edy Samudra Kertagama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan puisi Mantra Sang Nabi karya Edy Samudra Kertagama penyair menggunakan beberapa gaya bahasa retoris, yaitu aliterasi, asonansi, apostrof, asindeton, polisindeton, dan hiperbol. Penggunaan gaya bahasa retoris pada kumpulan puisi Mantra Sang Nabi karya Edy Samudra Kertagama merupakan suatu usaha penyair untuk memunculkan suasana tertentu yaitu haru, sedih, kelam, takzim, hening juga kagum dan dengan sengaja digunakan agar pembaca turut merasakan apa yang dirasakan oleh penyair melalui puisi. Hasil penelitian ini dapat dirancang pembelajarannya sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas (SMA), khususnya kelas X semester genap dengan kompetensi dasar menganalisis unsur pembangun puisi dan tujuan pembelajaran siswa mampu memahami ragam gaya bahasa retoris yang terdapat pada puisi. Kata kunci: gaya bahasa retoris, kumpulan puisi, rancangan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> ML Literature of music
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 201860280 . Digilib
Date Deposited: 31 May 2018 04:36
Terakhir diubah: 31 May 2018 04:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31516

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir