PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. var Rubrum) TERHADAP HISTOLOGI HATI DAN PARU MENCIT JANTAN YANG DIINDUKSI PARAQUAT

KAMILIAH TSANY , 1417020157 (2018) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. var Rubrum) TERHADAP HISTOLOGI HATI DAN PARU MENCIT JANTAN YANG DIINDUKSI PARAQUAT. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1760Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1761Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Paraquat merupakan senyawa toksik yang menyebabkan gangguan proses biokimia dalam tubuh, kematian sel, dan kegagalan fungsi organ. Hati dan paru merupakan organ target dari toksisitas paraquat. Tubuh membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jahe merah (Zingiber officinale Roxb. var Rubrum) merupakan jenis rempah-rempah yang mengandung senyawa antioksidan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol jahe merah terhadap histologi hati dan paru mencit jantan yang diinduksi paraquat. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Sebanyak 24 ekor mencit jantan, dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan, yaitu kelompok K (diberi aquadest dan pakan standar), kelompok PQ (diinduksi paraquat 20 mg/kgBB), kelompok P1 (diberi paraquat dan ekstrak etanol jahe merah 200 mg/kgBB), kelompok P2 (diberi paraquat dan ekstrak etanol jahe merah 400 mg/kgBB), kelompok P3 (diberi paraquat dan ekstrak etanol jahe merah 600 mg/kgBB), kelompok P4 (diberi ekstrak etanol jahe merah 600 mg/kgBB). Data yang diperoleh akan diuji menggunakan One Way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paraquat meningkatkan derajat kerusakan jaringan hati dan paru mencit jantan, sedangkan pemberian ekstrak etanol jahe merah secara signifikan (P<0,05) efektif dalam melindungi dan memperbaiki jaringan hati dan paru mencit jantan. Hasil penelitian juga menunjukkan pemberian ekstrak etanol jahe merah dengan dosis 400 mg/kgBB efektif dalam melindungi organ hati dan paru dari kerusakan akibat induksi paraquat. Kata kunci : Jahe merah (Zingiber officinale Roxb. var Rubrum), paraquat, antioksidan, hati dan paru.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201842988 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:55
Terakhir diubah: 07 Jun 2018 04:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31601

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir