PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. Var. Rubrum) TERHADAP AGRESIVITAS DAN LIBIDO MENCIT (Mus musculus L.) JANTAN YANG DIINDUKSI HERBISIDA PARAQUAT

NIDA NURHANIFAH , 1417021084 (2018) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. Var. Rubrum) TERHADAP AGRESIVITAS DAN LIBIDO MENCIT (Mus musculus L.) JANTAN YANG DIINDUKSI HERBISIDA PARAQUAT. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1274Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1275Kb) | Preview

Abstrak

Residu herbisida paraquat menimbulkan gangguan kesehatan manusia. Paraquat menyebabkan hormon testosteron menurun. Hormon testosteron mempengaruhi agresivitas dan libido. Hal tersebut disebabkan karena radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat bersifat non reaktif jika di dalam tubuh terdapat antioksidan yang terpenuhi. Jahe merah sebagai antioksidan karena memiliki senyawa aktif fenolik, arginin, gingerol, shagaol, zingeron, ginggerdiol, dan zingiber. Jahe dapat meningkatkan kadar hormon testosteron dalam serum. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol jahe merah terhadap agresivitas dan libido mencit jantan yang diinduksi herbisida paraquat. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri enam kelompok perlakuan dengan masing- masing empat ulangan. Kelompok P1 sebagai kontrol (aquades), P2 (paraquat dengan dosis 20 mg/kg BB), P3, P4, P5 (paraquat dengan dosis 20 mg/kg BB dan ekstrak jahe merah dengan dosis berturut-turut 200 mg/Kg BB, 400 mg/Kg BB, 600 mg/Kg BB) dan P6 (ekstrak jahe merah sebanyak 600 mg/Kg BB). Paraquat diberikan dua kali dalam seminggu selama 21 hari dan ekstrak jahe merah diberikan setiap hari selama 35 hari. Data hasil pengamatan dianalisis dengan One-way ANOVA dan dilanjutkan BNT pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol jahe merah berpengaruh terhadap perilaku agresivitas ditandai dengan mempetahankan latensi ancaman, latensi serangan, dan meningkatkan frekuensi serangan mencit jantan normal maupun yang diinduksi herbisida paraquat. Ekstrak etanol jahe merah berpengaruh terhadap libido ditandai dengan mempertahankan latensi cumbu, latensi penunggangan dan frekuensi penunggangan mencit jantan normal maupun yang induksi herbisida paraquat. Kata kunci: paraquat, jahe merah, agresivitas, libido.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201839601 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:30
Terakhir diubah: 07 Jun 2018 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31609

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir