PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD

ALISA PITRI, 1413053007 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1312Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1056Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 3 Bukit Kemiling Permai. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen utama yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan lembar observasi. Metode ini melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Data di analisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana. Analisis data dalam penelitian ini untuk mengetahui aktivitas pembelajaran Discovery Learning pada kelas eksperimen. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik sesudah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V SD Negeri 3 BKP Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: hasil belajar, discovery learning, kelas V . abstract The problem of this research was the students’ result of thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of discovery learning implementation to the students’ result of thematic learning.The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The design used was Nonequivalent Control Group Design.The principal instrument that used by researcher are test and sheet of observation. This method was to find out the effect of giving the treatment of the object (experimental group) and also to find out how big the effect of the treatment was. The data analyzed by using simple regression formula. The result shows there is a significant effect of the discovery learning implementation to the students’ result of thematic learning by using discovery learning at the fifth grade students of SDN 3 BKP academic year 2017/2018. Keywords: result of learning process, discovery learning method, class V.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201824821 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2018 02:52
Terakhir diubah: 22 Jun 2018 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31675

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir