PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK KELAS IV SD

M.Rizal, 1623053011 (2018) PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1230Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (978Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian dan pengembangan LKPD berbasis PBL diawali dari rendahnya kemampuan HOTs peserta didik yang terlihat dari rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitan dan pengembangan ini adalah menghasilkan LKPD berbasis PBL dan mengetahui efektivitas LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan HOTs peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang merujuk pada teori Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan HOTs peserta didik, dilihat dari nilai rata-rata peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis PBL adalah 77,75 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata peserta didik sebelum menggunakan LKPD yaitu 54,75 dengan nilai Gain ternormalisasi sebesar 0,51. Kata kunci : lembar kegiatan peserta didik, Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skill. abstract The research and development of LKPD based on PBL starts from the low of HOTs ability of students which is seen from the low of student learning result. The purpose of this research and development is to produce LKPD based on PBL and to know the effectiveness of LKPD based on PBL to improve HOTs ability of fourth graders of elementary school. This type of research is research and development (R & D) which refers to Borg & Gall's theory. The results showed that LKPD developed eligible to be used to improve students' HOTs, seen from the mean score of students using LKPD based on PBL was 77.75 higher than the mean score before using LKPD 54.75 with normalized Gain value of 0.51. Keywords: student activity sheet, Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skill.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 201848726 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2018 03:27
Terakhir diubah: 09 Jun 2018 03:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31682

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir