STRUKTUR ANATOMI FETUS DARI INDUK MENCIT (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI EKSTRAK DAUN JERUJU (Acanthus ilicifolius L.) SECARA ORAL

ADELEA TASYA PUTRI , 1417021001 (2018) STRUKTUR ANATOMI FETUS DARI INDUK MENCIT (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI EKSTRAK DAUN JERUJU (Acanthus ilicifolius L.) SECARA ORAL. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (738Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (739Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penggunaan tanaman obat tradisional sebagai alternatif pengobatan masyarakat Indonesia. Salah satunya yaitu daun jeruju (Acanthus ilicifolius L.). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun jeruju (Acanthus ilicifolius L.) yang diberikan pada induk mencit (Mus musculus L.) terhadap perubahan panjang kranium, sternum, ekor, ekstrimitas depan dan ekstrimitas belakang fetus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap yang terbagi ke dalam 4 kelompok perlakuan yaitu kelompok [K], [P1], [P2], [P3] dengan masing-masing 5 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis ragam dan diuji lanjut dengan uji BNT pada taraf kepercayaan 5%. Ekstrak daun jeruju diberikan secara oral dengan dosis perlakuan [P1] 3,75 mg/30 grBB, [P2] 7,5 mg/30 grBB, [P3] 15 mg/30 grBB dan aquabidest sebagai kontrol [K]. Hasil menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun jeruju memberikan pengaruh yang nyata terhadap penurunan rata-rata panjang kranium, sternum, ekor, ekstrimitas depan dan ekstrimitas belakang pada fetus mencit. Pemberian ekstrak daun jeruju pada mencit bunting dosis toksik yang mampu menurunkan panjang kranium, sternum, ekor, ekstrimitas depan dan ekstrimitas belakang yaitu dosis 15mg/30grBB. Kata kunci : Acanthus ilicifolius L., Mus musculus L., Teratogenik, Toksik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201857633 . Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2018 07:17
Terakhir diubah: 26 Jun 2018 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31748

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir