CAROLINE CLAUDIA ANGGINA NEFTYAN , 1413022012 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (712Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (813Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Proses belajar harus mampu menarik minat dan membuat siswa aktif dalam belajar, yang materi dapat diambil langsung melalui fenomena yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika Hukum Newton tentang Gerak. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA5 di SMA Negeri 14 Bandarlampung menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji N-Gain, dan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa Hukum Newton tentang Gerak, dengan nilai p berbeda signifikan pada tingkat kepercayaan 95% sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan pretest dan posttest dalam pembelajaran menggunakan pendekatan CTL. Skor N-Gain rata-rata adalah 0,73 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 201839218 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 03:52 |
Terakhir diubah: | 02 Jul 2018 03:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31919 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |