PERANAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DI SMA NEGERI 1 ULUBELU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MERI SARTIKA, 1413032040 (2018) PERANAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DI SMA NEGERI 1 ULUBELU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2895Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2174Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan peranan pembelajaran PPKn dalam menginternalisasi nilai-nilai demokrasi di SMA Negeri 1 Ulubelu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian dua Guru PPKn, lima peserta didik diambil berdasarkan tingkatan nilai (rendah, sedang, tinggi) dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran PPKn dalam proses transformasi nilai adalah menyampaikan nilai-nilai demokrasi, transaksi nilai adalah menciptakan hubungan timbal balik, internalisasi nilai adalah membimbing dan mengarahkan peserta didik. Peserta didik dapat mengerti, memahami dan mampu bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang terinternalisasi dalam kepribadian dirinya. Pihak sekolah mendukung dengan berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang mengembangkan nilai-nilai demokrasi. Kata kunci :Pembelajaran PPKn, Internalisasi, Nilai-Nilai Demokrasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> JA Political science (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 201854193 . Digilib
Date Deposited: 04 Jul 2018 02:44
Terakhir diubah: 04 Jul 2018 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32014

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir