WAHYU SETIAWAN , 1413053137 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 02 PANGGUNG REJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1651Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1652Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SD Negeri 02 Panggung Rejo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 02 Panggung Rejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 41 orang siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data uji statistik menggunakan rumus t-test pooled varians. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi pada ranah kognitif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data yang menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa SD Negeri 02 Panggung Rejo. Kata kunci: hasil belajar, IPS, talking stick abstract Problem in this research is the low of social studies learning result of grade V student of SD Negeri 02 Panggung Rejo. The purpose of this research was to know the influence of cooperative learning model type talking stick to the result of V class student social studies. The type of the research was experiment research. The design used in this research was quasi experimental design. The population in this research amounted to 41 student of grade 5. The determination of research sample used purposive sample. Data collection tools used questionnaires and cognitive tests. The data analysis was used t-test pooled varians. The learning results of this research was limited only to the cognitive domain. The result showed that there was a significant influence on the application of cooperative learning model talking stick tipe to the students' social studies learning outcomes. Keywords: learning outcomes, social studies, talking stick
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201836363 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:17 |
Terakhir diubah: | 05 Jul 2018 04:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32058 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |