PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 BANJAR AGUNG TULANG BAWANG

ZAKIA NURUL JANNATY, 1413043045 (2018) PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 BANJAR AGUNG TULANG BAWANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2280Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1778Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari sigeh penguten pada kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Banjar Agung Tulang Bawang. Proses pembelajaran tari sigeh penguten di ikuti oleh 20 siswi selama delapan kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran tari sigeh penguten di SMAN 1 Banjar Agung Tulang Bawang dilakukan dengan 6 langkah pembelajaran yaitu, pertama guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kedua membagi siswa dalam kelompok dan memilih salah satu siswa untuk menjadi tutor, ketiga menyampaikan materi, keempat memberi tugas kelompok, kelima guru mengamati aktivitas belajar siswa, keenam evaluasi. Hasildari proses pembelajaran tari sigeh penguten diperoleh melalui tes praktik. 6 siswa mendapat criteria baik sekali, 11 siswa mendapat criteria baik dan 3 siswa mendapat kriteria cukup. Kata kunci : ekstrakurikuler, tutor sebaya, tari sigeh penguten. LEARNING SIGEH PENGUTEN DANCE USING THE METHOD of PEER TUTOR IN EXTRACURRICULAR ACTIVITIES AT SMAN 1 BANJAR AGUNG TULANG BAWANG This study aims to describe the process and learning outcomes of the sigeh penguten dance using the method of peer tutor in extracurricular activities at SMAN 1 Banjar Agung Tulang Bawang. The process of learning sigeh penguten dance learning was attended by 20 students during eight meeting. Data collection techniques used in this research through observation, interview and documentation with the kind of qualitative descriptive study. The analysis of the data used is redction of data, display of data and conclusion. The use of peer tutor method in learning sigeh penguten dance in SMAN 1 Banjar Agung Tulang Bawang consist of six stages, those are, first the teacher tells the purpose of learning, second divide the students into groups and choose one of student to be a peer tutor, third deliver material, fourth giving group assigments, fifth the teacher observe students learning activitis, six evaluation. The result of the process of learning sigeh penguten dance obtained through practice test with criteria well, good, sufficient and less. The number of students with excellent criteria 6 students, good criteria 11 students and enough criteria 3 students. Keywords: extracurricular, peer tutor,sigeh penguten dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 201853155 . Digilib
Date Deposited: 10 Jul 2018 06:19
Terakhir diubah: 10 Jul 2018 06:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32082

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir