PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 QURNIA MATARAM

MUHAMAD RAHMAN AMRULLAH, 1413053076 (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 QURNIA MATARAM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1160Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1161Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Qurnia Mataram pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan multimedia audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 41 responden. Sampel penelitian berjumlah 41 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal angket dan tes soal bentuk pilihan jamak. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media multimedia audio visual, rata-rata nilai posttes pada kelas eksperimen sebesar 76,50. Rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 69,29. Perbandingan rata-rata N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 0,45 dengan 0,26, selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,19. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 2,045, sedangkan ttabel sebesar 2,022. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,045 > 2,022) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan multimedia audio visual terhadap hasil belajar tematik. Kata kunci: hasil belajar, media pembelajaran, multimedia audio visual,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201869516 . Digilib
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:06
Terakhir diubah: 19 Jul 2018 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32201

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir