PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIDODADI

INEKE KUSUMASTUTI, 1443053031 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIDODADI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2691Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2119Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidodadi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar di Keluharan Kedaton yang berdistribusi di lima sekolah. Melalui teknik random sampling yang terpilih sebagai sampel adalah SD Negeri 1 Sidodadi. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji-t. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidodadi dan ada perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan jigsaw dibandingkan dengan yang tidak menggunakan jigsaw di kelas IV SD Negeri 1 Sidodadi. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajar, tematik abstract The problem in this research is the low of thematic learning result of fourth grade students of SD Negeri 1 Sidodadi. The purpose of this research is to know the influence of Jigsaw type cooperative learning toward thematic learning result. The method used in this research is quasi experimental by using non equivalent control group design. The population in this research is all the fourth graders of elementary school in Kelurahan Kedaton which is distributed in five schools. Through random sampling technique chosen as the sample is SD Negeri 1 Sidodadi. The instrument used is a test. Data analysis using Simple Regression and t-test. The result of the research shows that there is influence of cooperative type jigsaw on thematic model to the learning result of thematic in the fourth grade students and From the results of data analysis can be concluded that there are differences in student learning outcomes on thematic learning by using jigsaw compared with those not using jigsaw in the fourth grade students SD Negeri 1 Sidodadi. Keywords: cooperative learning type Jigsaw, learning result, thematic

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201865738 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 04:30
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32280

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir