EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

MONICA, 1413023039 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2246Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1662Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eks-perimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Bandarlampung tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini dipilih berdasarkan teknik Purposive sampling yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Negeri 15 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 31 dan 32 siswa. Berdasarkan uji ANOVA two ways, diper-oleh Sig. 0,997 untuk pengujian interaksi antara jenis kelamin dengan model Problem Solving dan Sig. 0,000 untuk pengujian efektivitas model pembelajaran Problem Solving. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) tidak terdapat interaksi antara pembelajar-an yang menggunakan model pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap kete-rampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa. (2) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan pembelajaran berbasis problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi asam basa. (3) persentase kategori n-gain tinggi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan persentase kategori n-gain tinggi siswa perempuan dengan pembelajaran yang menggunakan model problem solving pada materi asam basa. Kata Kunci: Model problem solving, HOTS, Keterampilan berpikir tingkat tinggi, jenis kelamin, asam basa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201821409 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:53
Terakhir diubah: 25 Jul 2018 02:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32284

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir