Andi Widiono, 1623041010 (2018) PENGEMBANGAN LKPD DALAM MEMAHAMI KONFLIK ANTARTOKOH PADA KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3236Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2785Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD untuk memahami konflik antartokoh pada kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari melalui pendekatan discovery learning dan mendeskripsikan kelayakannya dalam pembelajaran. Metode yang dijadikan dalam penelitian ini adalah pegembangan menurut Borg and Gall, dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada tiga sekolah di Kabupaten Pringsewu yang meliputi SMA Bina Mulya Gadingrejo, SMA Muhammadiyah 1 Pringsewu, dan MAN 1 Pringsewu pada tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang dikonversi ke data kualitatif untuk mendapatkan deskripsi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) telah berhasil dikembangkan bahan ajar berupa “LKPD untuk memahami konflik antartokoh pada kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari melalui pendekatan discovery learning untuk siswa SMA/MA kelas XI, (2) hasil penilaian kelayakan bahan ajar secara keseluruhan dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli v materi sebesar 99,2%, ahli media sebesar 87,5%, dan ahli praktisi sebesar 87,5%. Berdasarkan uji coba di sekolah, guru, dan siswa dari tiga sekolah memberikan penilaian kelayakan kepada LKPD. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa produk LKPD layak digunakan untuk siswa dengan saran dan revisi, Kata kunci: LKPD, konflik antartokoh, dan pendekatan pembelajaran discovery learning. abstract This research is aimed to produce LKPD to understand conflict between antartiginists at Ahmad Tohari's Karyamin smile collection through discovery learning approach and to describe its feasibility in learning. The method used in this study is the development according to Borg and Gall, by adapting seven of ten steps tailored to the needs of the study. This research was conducted through observation, interview and questionnaire dissemination at three schools in Pringsewu Regency which included SMA Bina Mulya Gadingrejo, SMA Muhammadiyah 1 Pringsewu, and MAN 1 Pringsewu in the academic year 2017/2018. This research data uses quantitative data that is converted to qualitative data to get the data description. The result of the research shows that (1) has been successfully developed the teaching materials in the form of "LKPD to understand conflict between antartiginists at Ahmad Tohari's Smile Brothers' Karma smile collection through discovery learning approach for high school students / MA class XI, (2) stated "Very Eligible" by a material expert of 99.2%, a media expert of 87.5%, and a practitioner of 87.5%. Based on trials in schools, iii teachers, and students from three schools provide a feasibility assessment to LKPD. The results of the assessment indicate that the LKPD product is feasible to be used for students with suggestions and revisions, Keywords: LKPD, conflict antartokoh, and learning discovery learning approach
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 201809566 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 04:14 |
Terakhir diubah: | 25 Jul 2018 04:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32292 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |