HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT

YOSI PUSPITA ARIYANI, 1413053148 (2018) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1512Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1289Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah ex postfacto korelasi. Populasi sebanyak 175 siswa, teknik pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Alat pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat, yang bertanda positif yaitu sebesar 0,52 dengan kriteria “sedang”. Kata kunci: hasil belajar, IPS, lingkungan belajar di sekolah. abstract The problem in this research is the low learning outcomes IPS in V grade in elementary school on 2017/2018. The purpose of this research is to know the relationship of learning environment school with the IPS’s study result. This type of research is ex postfacto correlation. Population of 175 students, techniques of sampling is proportionate stratified random sampling with the total sample as much as 64 students. Data collection tools in the form of a Likert scale with question form earlier tested the validity and reliability. Data analysis techniques using the correlation formula Product Moment. The results showed there was a significant relationship between the learning environment at the school with the results of studying IPS grade V SD Sudiro Husodo Doctors group Subdistrict of West Metro, a marked positive i.e. of 0.52 criteria " being ". Keywords: results of the study, IPS, the learning environment at the school.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201806460 . Digilib
Date Deposited: 30 Jul 2018 08:47
Terakhir diubah: 30 Jul 2018 08:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32383

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir