PENGARUH PAPARAN MEDAN MAGNET 0,2 mT TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF BENIH CABAI MERAH (Capsicum annuum L.) YANG DIINFEKSI Fusarium SP.

THEODORIUS APRIENTA ATMAJA , 1417021117 (2018) PENGARUH PAPARAN MEDAN MAGNET 0,2 mT TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF BENIH CABAI MERAH (Capsicum annuum L.) YANG DIINFEKSI Fusarium SP. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1415Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1415Kb) | Preview

Abstrak

Tanaman cabai merah (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang rentan terserang penyakit layu fusarium. Pada tomat diketahui bahwa daya patogenitas Fusarium dapat dihambat oleh paparan medan magnet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama paparan medan magnet 0,2 mT pada benih cabai yang diinfeksi Fusarium sp terhadap perkecambahan, pertumbuhan vegetatif, dan aspek fisiologis tanaman cabai. Penelitian disusun secara faktorial dalam rancangan acak kelompok. Faktor pertama adalah lama paparan medan magnet pada benih yang terdiri atas 7 menit 48 detik, 11 menit 44 detik , 15 menit 36 detik dan 0 menit (kontrol). Faktor kedua adalah infeksi Fusarium sp. yang terdiri atas perendaman selama 60 dan 0 menit (kontrol).Data yang diperoleh dianalisis ragam pada taraf nyata 5%. Data hasil analisis yang berbeda nyata diuji lanjut dengan uji Tukey’s pada taraf nyata 5%. Hasil menunjukkan bahwa paparan medan magnet 0,2 mT dapat meningkatkan persentase perkecambahan dan panjang kecambah cabai merah. Paparan medan magnet selama 7 menit 48 detik cenderung menyebabkan penurunan tinggi tanaman dan berat kering cabai merah selama fase vegetatif. Namun, paparan medan magnet tidak memberikan pengaruh yang signfikan terhadap indeks stomata dan kandungan klorofil tanaman cabai merah. Kata kunci: Capsicum annuum L., Fusarium sp., medan magnet 0,2 mT, pertumbuhan vegetatif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201867511 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 07:13
Terakhir diubah: 01 Aug 2018 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32463

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir