PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE DI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

I MADE ANDI SETIAWAN , 1413043019 (2018) PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE DI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2482Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2483Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Group to group exchange (GGE) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mengedepankan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menuntut siswa untuk saling bertukar pengetahuan antar kelompok. Penerapan model GGE dalam pembelajaran tari tidak hanya dilakukan dengan proses menirukan gerak yang dicontohkan secara berulang-ulang oleh guru (imitasi), namun siswa dapat saling bertukar pengetahuan baik bersama kelompoknya maupun informasi yang didapat dari kelompok lain. Pembelajaran ini juga bertujuan untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran. Penggunaan model GGE yang diterapkan di SMA Negeri 7 Bandar Lampung dilakukan untuk melihat proses dan hasil belajar tari muli siger dengan berlandaskan teori kontruktivistik. Penelitian berjenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan mengamati secara langsung proses dan hasil pembelajaran tari muli siger menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GGE. Data yang diperoleh dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan guru menggunakan metode GGE yaitu dengan melakukan kegiatan membentuk kelompok, membagi ranah materi yang berbeda-beda disetiap kelompok, kemudian membagikan ilmu kepada kelompok lain atau menransfer ilmu, berdiskusi, setelah itu mempraktikkan gerak dengan kelompok. Hasil pembelajaran diukur dengan menggunakan indikator visual activities, motor activities, dan oral activities serta dengan tes pengamatan praktik. Hasilnya penelitian ini menunjukkan pelaksanaan proses pembelajaran dikatakan sudah berjalan dengan baik dan penggunaan model GGE sudah terlaksana secara baik. Kata kunci: metode kooperatif, group to group exchange, tari muli siger. abstract Group to group exchange (GGE) is one of the cooperative learning models that emphasizes student-centered learning and requires students to exchange knowledge among groups. Implementation of GGE model in dance learning is not only done by imitating repetitive motion imitated by teacher (imitation), but students can exchange knowledge both with their group and information obtained from other group. This learning also aims to streamline learning activities. GGE model applied in SMA Negeri 7 Bandarlampung was done to see the process and learning result of muli siger dance based on constructivist theory. Research type descriptive research through qualitative approach by observing directly the process and learning outcomes muli siger dance using GGE cooperative learning model type. Data obtained by observation, interview and documentation then performed data analysis with data reduction, data presentation and data verification. The results in this study indicate that the learning process undertaken by teachers using the GGE method is to conduct activities to form groups, dividing the different material realm in each group, then share knowledge to other groups or transfer knowledge, discussion, after that practice the movement with the group. Learning outcomes were measured using visual activity indicators, motor activities, and oral activities and with practice compliance tests. The results of this study indicate the implementation of the learning process is said to have been going well and the use of GGE model has been done well. Keywords: cooperative method, group to exchange group, muli siger dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LC Special aspects of education
> MT Musical instruction and study
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 201827093 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2018 09:04
Terakhir diubah: 01 Aug 2018 09:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32493

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir