SALSABILA RUHIYAT, 1443053054 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TERPADU PESERTA DIDIK KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (904Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (905Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Perumnas Wayhalim. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain nonequivalent control group desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 peserta didik dan IVD sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 peserta didik dengan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Alat pengambilan data berupa instrumen lembar observasi dan instrumen tes yaitu berupa soal pilihan jamak sebnayak 25 soal. Analisis data menggunakan Uji Regresi Linier. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA pada pembelajaran terpadu peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Perumnas Wayhalim Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: hasil belajar IPA, model pembelajaran PBL, pembelajaran terpadu. abstract Problems in this study is the low learning outcomes of students IPA grade IV SD Negeri 1 Perumnas Wayhalim. This study aims to determine the effect of PBL learning model on science learning outcomes. The type of research used in this study is quantitative research. The research method used in this research is using quasi experimental method with design nonequivalent control group desaign. The sample in this study are students of class IVB as experimental class with the number of 34 students and IVD as control class with the number of 32 students with purposive sampling technique. Data collection techniques used observation techniques, test techniques, and documentation techniques. Data collection tool in the form of instrument observation sheet and test instrument that is in the question of plural choice sebnayak 25 problem. Data analysis using Linear Regression Test. The result of the research shows that there is influence of PBL learning model to the learning result of IPA on integrated learning of fourth graders of SD Negeri 1 Perumnas Wayhalim of academic year 2017/2018. Keyword : Integrated Learning, PBL study model, result study of science subjec.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201820121 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 03:22 |
Terakhir diubah: | 06 Aug 2018 03:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32590 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |