PENGEMBANGAN LKPD MENULIS NARASI BERBASIS CERITA RAKYAT LAMPUNG UNTUK SISWA KELAS VII SMP

RIMA GUSTIANITA, 1623041005 (2018) PENGEMBANGAN LKPD MENULIS NARASI BERBASIS CERITA RAKYAT LAMPUNG UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1585Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1285Kb) | Preview

Abstrak

Keterbatasan bahan ajar menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran menulis narasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini ialah menghasilkan produk berupa LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) menulis narasi berbasis cerita rakyat Lampung untuk siswa kelas VII SMP/MTs di Provinsi Lampung. Hal ini dimaksudkan untuk membantu siswa dalam menggali ide dan gagasannya ke dalam bentuk karangan narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Prosedur penelitian dilaksanakan dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall sehingga didapat produk operasional berupa LKPD. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa di tiga sekolah yang ada di Provinsi Lampung yang meliputi SMP Al-Huda Jati Agung, SMP Tri Sukses Natar, dan SMP Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Validasi rancangan produk dilakukan oleh ahli/pakar yang relevan dan penilaian teman sejawat, kemudian diujicobakan kepada siswa sekolah tersebut. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar didasarkan kebutuhan siswa yang kesulitan untuk mengembangkan ide dalam menyusun teks narasi. Penggunaan/basis cerita rakyat Lampung dimaksudkan untuk memudahkan siswa mengembangkan ide dan gagasannya menjadi tulisan narasi. Berdasarkan analisis tujuan pembelajaran, kajian sumber belajar, dan pemetaan bahan ajar maka dikembangkan LKPD berbasis cerita rakyat Lampung. Hasil uji validasi ahli teknologi pendidikan dan ahli substansi kebahasaan serta penilaian teman sejawat menyatakan bahwa LKPD layak digunakan dalam pembelajaran menulis narasi. Selanjutnya, uji coba produk pada siswa menyatakan bahwa LKPD masuk pada kriteria sangat baik/menarik sehingga layak untuk dipergunakan sebagai komplemen atau pelengkap pembelajaran. Kata kunci: bahan ajar, cerita rakyat Lampung, LKPD.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 201857826 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2018 03:50
Terakhir diubah: 04 Aug 2018 03:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32598

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir