PENGETAHUAN LOKAL PENGOBAT TRADISIONAL TERHADAP TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT DI 5 DESA KECAMATAN BATURAJA BARAT, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU, PROVINSI SUMATERA SELATAN

SALMA INDAH KURNIATI , 1417021106 (2018) PENGETAHUAN LOKAL PENGOBAT TRADISIONAL TERHADAP TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT DI 5 DESA KECAMATAN BATURAJA BARAT, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU, PROVINSI SUMATERA SELATAN. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (988Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (988Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masyarakat Indonesia telah mengenal pengobatan tradisonal dengan memanfaatkan tumbuhan berkhasiat obat. Pengobatan tradisional diera modern ini belum sepenuhnya ditinggalkan, dimana pengobatan alternatif digunakan kembali sebagai alasan bahwa pengobatan modern memiliki efek samping. Salah satu daerah yang masih kental dengan pengobatan tradisonal adalah Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu yang terletak di Sumatera Selatan karena penduduknya mayoritas (etnis) asli dan masih banyak melakukan pengobatan tradisional, sehingga pengetahuan lokal dan pengobat tradisional (batra) cukup banyak ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang tumbuhan berkhasiat obat dan cara pengolahannya agar dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif di Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Penelitian ini dilakukan di 5 desa Kecamatan Baturaja Barat, pada bulan Januari sampai bulan Februari 2018. Berdasarkan hasil penelitian di Kecamatan Baturaja Barat diperoleh 8 batra dari 5 desa yaitu Desa Talang Jawa (4), Air Gading (1), Saung Naga (1), Batu Putih (1), dan desa Pusar (1). Informasi yang diperoleh dari batra tersebut terdapat 140 jenis tumbuhan berkhasiat obat dari 60 suku tumbuhan. Suku tumbuhan yang banyak digunakan adalah suku Zingiberaceae. Habitus tumbuhan yang banyak digunakan adalah semak. Bagian tumbuhan berkhasiat obat yang banyak digunakan adalah daun. Cara pengolahan yang banyak dilakukan dengan cara direbus, serta cara pemakaian yang digunakan adalah diminum, dan Penyakit yang sering diobati yaitu diabetes. Kata kunci: Baturaja Barat, Kabupaten OKU, Tumbuhan Berkhasiat Obat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201865230 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:36
Terakhir diubah: 07 Aug 2018 02:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32658

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir