PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA

OKI SUKMAWA , 1313022053 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1982Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1805Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Belum semua guru menggunakan instrumen asesmen kinerja (performance assessment) dalam kegiatan praktikum siswa. Guru masih menggunakan asesmen secara tertulis atau tes diakhir kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa hanya diperoleh dari aspek kognitif tanpa melihat proses belajar yang dilakukan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kinerja (performance assessment) praktikum mata pelajaran fisika di SMA serta mendeskripsikan kelayakan instrumen dari segi konstruksi, substansi, dan bahasa/budaya. Desain pengembangan menggunakan metode Research and Devolepment dengan langkah-langkah (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi dan data, (3) desain produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk. Hasil analisis data menunjukan skor penilaian kelayakan instrumen menurut validator. Skor kelayakan aspek konstruksi sebesar 3,63 yang berarti secara kualitas sangat layak, kelayakan aspek substansi sebesar 3,38 yang berarti sangat layak, dan kelayakan aspek bahasa/budaya sebesar 3,89 Oki Sukmawa yang berarti sangat layak. Apabila dirata-ratakan menjadi 3,63 atau secara kualitas sangat layak sehingga intrumen dapat digunakan. Kata kunci: Instrumen asesmen kinerja, performance assessment, praktikum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201839222 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:56
Terakhir diubah: 07 Aug 2018 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32667

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir