PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI

NOVA HARTIKA SARI, 1313022050 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1114Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1115Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran think pair share ditinjau dari keterampilan berkomunikasi, dan 2) pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar ditinjau dari keterampilan berkomunikasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA1 dan X IPA3 SMAN 13 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2017/2018 menggunakan desain control group pretest-posttest. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,60 dan pada kelas kontrol sebesar 0,38. Peningkatan pada kedua kelas memiliki kategori sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar dengan nilai sig. pada uji two way anova sebesar 0,00<0,05. Rata-rata nilai keterampilan berkomunikasi siswa pada kelas eksperimen yaitu 69,71 lebih besar dibandingkan dengan pada kelas kontrol yaitu 61,42. Secara keseluruhan dapat diketahui bahwa semakin tinggi keterampilan berkomunikasi siswa maka hasil belajar yang dicapainya juga akan semakin tinggi. Kata kunci : Think Pair Share, Hasil Belajar, Keterampilan Berkomunikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201810427 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:48
Terakhir diubah: 07 Aug 2018 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32677

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir