PELAKSANAAN PENERBITAN PENCATATAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG

WAYAN SUDITIKE , 1312011344 (2018) PELAKSANAAN PENERBITAN PENCATATAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS HUKUM .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1107Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1107Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Administrasi kependudukan sebagai suatu sistem diharapkan dapat diselenggarakan sebagai bagian dari penyelenggaraan administrasi Negara, sesuai dengan aturan hukum dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi Administrasi Kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Pencatatan kependudukan dan pencatatan sipil tersebut bersifat universal karena hal ini terkait dengan pengakuan Negara atas status keperdataan seseorang. Pentingnya pencatatan kependudukan dan pencatatan sipil sebagai identitas diri tersebut tidak didukung dengan kesadaran masyarakat, hal ini dibuktikan dengan banyaknya Pencatatan Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang terlambat. Berdasarkan uraian diatas, maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimanakah Pelaksanaan Penerbitan Pencatatan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung? b) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Penerbitan Pencatatan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung? Pendekatan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Sumber data menggunakan data primer sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Pengolahan data dilakukan dengan tahapa seleksi, klarifikasi, dan penyusunan data. Analisis data menggunakan deskriptip kualitatip. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan peneliti adalah: Pelaksanaan Penerbitan Pencatatan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung, yaitu: Pencatatan Kartu Tanda Penduduk, Pencatatan Surat Keterangan Tempat Tinggal, Pencatatan Surat Keterangan Pindah atau Datang WNI, Pencatatan Surat Keterangan Pindah atau Datang WNA Dalam Wilayah NKRI, Pencatatan Akta Kelahiran, Pencatatan Akta Kematian, Pencatatan Akta Perkawinan, Pencatatan Akta Perceraian, Pencatatan Akta Pengakuan dan Pengesahan Anak. Dengan jangka watu penerbitan 3 sampai dengan 4 hari. Kendala yang dihadapi adalah jangka waktu penyelesaian yang begitu lama, dan pungutan biaya yang dikenakan serta dipengaruhi ketidak lengkapan dokumen persyaratan pengajuan Penerbitan Pencatatan Kependudukan dan Pencatatan Sipil oleh masyarakat tersebut. Kata kunci: Pelaksanaan, Pencatatan, Kabupaten Pesisir Barat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > KZ Law of Nations
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 201831773 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:34
Terakhir diubah: 09 Aug 2018 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32756

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir