M Hasby Kurniawan, 1316041042 (2018) UPAYA OMBUDSMAN RI PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG DALAM MENGATASI MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK SEKTOR KESEHATAN DI PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2016. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ASBTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3793Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3408Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan UUD 1945 Kesehatan merupakan kebutuhan bagi semua manusia, didalam UUD 1945 mengamanatkan bahwa jaminan kesehatan bagi masyarakat, adalah tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah. Namun, pada kenyataannya dalam pemberian pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah masih terdapat pratek maladministrasi. Dari data yang dimiliki oleh Ombudsman RI Perwakilan Lampung, sektor kesehatan merupakan sektor kedua terbanyak setelah kepolisian yang mendapatkan laporan dari masyarakat terkait maladministrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Lampung serta pengawasan Ombudsman dalam mengatasi maladministrasi sektor pelayanan kesehatan di Provinsi Lampung dan juga untuk mengetahui kendala apa saja yang menjadi penghambat Ombudsman Perwakilan Lampung dalam mengatasi maladministrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di kantor Ombudsman RI Perwakilan Lampung. Jenis sumber data dari penelitian ini yaitu: sumber lisan dan sumber tertulis. Hasil penelitian ini menunjukan upaya Ombudsman RI Perwakilan Lampung dalam mengatasi maladministrasi sector kesehatan di Provinsi Lampung yaitu dengan cara pengawasan dan koordinasi serta kerja sama dengan unit pelayanan kesehatan dan juga masyarakat Provinsi Lampung. Efektifitas dalam upaya pengawsan yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Lampung telah berjalan dengan baik dikarenakan prinsip-prinsip efektivitas pengawsan telah dapat dijalankan seecara keseluruhan. Kendala-kendala Ombudsman RI Perwakilan Lampung dalam mengatasi maladministrasi sektor kesehatan yaitu: minimnya jumlah anggota Ombudsman RI Perwakilan Lampung serta kurangnya pemahaman serta kesadaran para pemberi pelayanan kesehatan mengenai maladministrasi Kata kunci: Ombudsman, maladministrasi kesehatan EFFORTS OF OMBUDSMAN RI OF LAMPUNG REPRESENTATIVE IN RESOLVING MAL-ADMINISTRATION OF HEALTH CARE SECTOR IN LAMPUNG PROVINCE IN 2016 By Based on the 1945 Constitution, health issue is a vital necessity for all human beings, in the 1945 Constitution the implementation of health insurance for public is under the responsibility of central government and local government. However, in reality, the practice of mal-administration still existed in the provision of health services carried out by the government. From data owned by Ombudsman RI of Lampung Representative, the health sector is the second largest sector after the police sector which is being reported by the public related to mal-administration. This research aims to determine the efforts made by the Ombudsman RI of Lampung Representative and to supervise Ombudsman in overcoming the mal-administration of the health care sector in Lampung Province and also to find out obstacles which are inhibiting Ombudsman of Lampung Representative in overcoming mal-administration cases. This research used qualitative method with descriptive type. The research was conducted at the office of Ombudsman RI of Lampung Representative. The data sources consisted of oral and written sources. The results of this research showed that among the efforts made by Ombudsman RI of Lampung Representative in overcoming mal-administration cases in health care sector of Lampung Province was carried out through supervision, coordination and cooperation with health service unit and also with the society of Lampung Province. The effectiveness of the supervision by Ombudsman RI of Lampung Representative has been running well because the principles of the have been well implemented thoroughly. The obstacles of Ombudsman RI of Lampung Representative in overcoming mal-administration in health sector, included: the inadequate number of members of Ombudsman RI of Lampung Representative and the lack of understanding and awareness from the health service provider about mal-administration. Keywords: Ombudsman, mal-administration on health care
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara |
Pengguna Deposit: | 201816387 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 06:10 |
Terakhir diubah: | 09 Aug 2018 06:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32760 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |