ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KETERTIBAN DAN KELANCARAN LALU LINTAS(Studi pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung)

NOPRIYAN, 1412011314 (2018) ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KETERTIBAN DAN KELANCARAN LALU LINTAS(Studi pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1029Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (946Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam menciptakan ketertiban dan kelancaran lalu lintas dilaksanakan secara terpola, terpadu, terorganisasi, sistematis, berasas pada kepentingan, keadilan dan kesejahteraan rakyat berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam upaya menciptakan ketertiban dan kelancaran lalu lintas? (2) Faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat terhadap kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam upaya menciptakan ketertiban dan kelancaran lalu lintas? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dan empiris. Pengumpulan data dengan studi lapangan dan studi pustaka. Pengolahan data meliputi seleksi, klasiflkasi dan penyusunan data. Analisis data dilakukan secara yuridis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam upaya menciptakan ketertiban dan kelancaran lalu lintas dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya dengan menerapkan manajemen kapasitas dan manajemen prioritas serta menyeleksi alternatif kebijakan yang terbaik. Kebijakan tersebut diwujudkan dengan program pembangunan jembatan layang (fly over) di pertigaan jalan yang menghubungkan Jalan Sultan Agung dan Jalan Z.A. Pagar Alam atau di depan Mall Bumi Kedaton. Selain itu dengan mempercepat pembuatan jalan alternatif, rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup jalur kendaraan, dan memodifikasi sistem operasional lampu pengatur lalu lintas dengan program yang terkomputeriasi. (2) Faktor-faktor yang menjadi penghambat terhadap kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam upaya menciptakan ketertiban dan kelancaran lalu lintas terdiri dari terkonsentrasinya berbagai aktivitas di pusat kota, nanyaknya Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di trotoar sepanjang jalan protokol kota, rendahnya kedisiplinan pemakai jalan, banyaknya terminal bayangan di sepanjang tepi jalan, tidak maksimalnya rambu lalu lintas dan adanya hambatan samping yang ada menyebabkan kapasitas ruas jalan menurun. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam mengatasi kemacetan lalu lintas hendaknya direncanakan melalui pengkajian manajemen lalu lintas secara matang dan memiliki visi jangka panjang. (2) Upaya Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam mengatasi kemacetan lalu lintas hendaknya didasarkan pada kebutuhan dan kepentingan masyarakat Kota Bandar Lampung. Kata Knnci: Kebijakan, Ketertiban, Kelancaran Lalu Lintas AN ANALYSIS ON THE POLICY OF CITY GOVERNMENT OF BANDAR LAMPUNG IN CREATING ORDER AND SMOOTHNESS OF TRAFFIC (A Study at Transportation Department of Bandar Lampung) The city Government of Bandar Lampung has attempted to create order and smoothness of traffic by implementing a patterned, integrated, organized, systematized, and based on the interests, justice and welfare of the people in accordance with Law Number 22 of 2009 on Traffic and Road Transportation. The problems of this research are: (1) How is the policy of Bandar Lampung City Government in order to create order and smoothness of traffic? (2) What factors are inhibiting the policies of the City Government of Bandar Lampung in an attempt to create order and smoothness of traffic? This research used normative and empirical approach. The data collection technique was conducted through field study and literature study. The data processing includes selection, clarification and data preparation. The data analysis was done by qualitative juridical method. The results of this research indicated that: (1) The City Government of Bandar Lampung has carried out an attempt to create order and smoothness of traffic in accordance with its main duty and function by applying capacity management and priority management as well as selecting the best policy alternatives. The realization of the policy was manifested in form of the construction of fly over at a T-Intersection connecting Sultan Agung street and Z.A. Pagar Alam street precisely located in front of Mall Bumi Kedaton (MBK). In addition, accelerating the construction of alternative roads, traffic engineering with open close line system, and modifying the operational system of traffic lights with the computerized program. (2) There were some factors inhibiting the policy of City Government of Bandar Lampung in creating order and smoothness of traffic such as: the concentration of various activities in the center of the city, many street vendors (PKL) scattered on the sidewalk along the protocol road, the low level of discipline from the road users, the big number of shadow terminals along the roadside, the absence of traffic signals and the presence of existing side constraints leads to reduced road capacity. The suggestions made by the researcher, included: (1) that the plan to overcome traffic congestion by the City Government of Bandar Lampung should be made through the assessment of traffic management as wise as possible and in a long-term vision. (2) The attempt of the City Government of Bandar Lampung in overcoming traffic congestion should be based on the needs and interests of the people of Bandar Lampung City. Keywords: Policy, Order, Smoothness of Traffic

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > KZ Law of Nations
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 201836408 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:01
Terakhir diubah: 16 Aug 2018 06:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32884

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir