JUSI ALDESKA , 1413022038 (2018) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI STANDAR PROSES PADA MATERI FISIKA KELAS X DI SMA YADIKA NATAR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (686Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (605Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kurikulum 2013 telah ditetapkan oleh pemerintah sejak tahun ajaran 2013/2014 untuk setiap satuan pendidikan. Akan tetapi dalam penerapannya masih secara bertahap dan terbatas untuk masing-masing sekolah. Pada kurikulum 2013 terdapat salah satu aspek perubahan yaitu Standar Proses yang berisi standar minimal mengenai proses pembelajaran yang harus dilakukan. Strategi untuk mencapai tujuan pendidikan dalam suatu kurikulum ialah dengan cara melakukan proses pembelajaran. Dengan demikian gambaran mengenai penerapan Standar Proses perlu dilaksanakan untuk melakukan kajian awal karena pada tahun 2014/2015 sekolah secara keseluruhan harus menerapkan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Standar Proses kurikulum 2013 serta kendala yang dihadapi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran Fisika kelas X di SMA Yadika Natar. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain deskriptif sederhana. Penelitian dilakukan di kelas X SMA Yadika Natar pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menganalisis RPP yang telah disusun oleh iiguru dan mengamati secara langsung kegiatan belajar mengajar. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan terdiri atas, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran aspek pendekatan saintifik yang menjadi penekanan pada kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran di kelas X SMA Yadika Natar, guru telah memfasilitasi pendekatan saintifik dan mengembangkan karakter siswa. Namun, pada kegiatan pendahuluan guru masih kurang memotivasi siswa untuk melibatkan diri dalam pembelajaran sehingga masih terdapat siswa yang tidak termotivasi saat belajar. Guru Fisika kelas X SMA Yadika Natar mengalami kendala dalam merancang RPP, yaitu pada proses penyusunannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Hal ini dikarenakan format RPP pada kurikulum 2013 sedikit berbeda dengan RPP pada KTSP. Pada proses pelaksanaan pembelajaran guru masih mengalami kesulitan dalam mengatur ketertiban kelas. Kata kunci : Kurikulum 2013, Standar Proses, Pembelajaran Fisika
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 201836679 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 03:29 |
Terakhir diubah: | 20 Aug 2018 03:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32912 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |