ANALISIS KUALITAS AIR SUMUR BERDASARKAN PARAMETER FISIKA DAN KIMIA DI KELURAHAN GANJAR AGUNG KECAMATAN METRO BARAT KOTA METRO TAHUN 2017

ARIZAL TRI SETIAWAN, 1313034015 (2018) ANALISIS KUALITAS AIR SUMUR BERDASARKAN PARAMETER FISIKA DAN KIMIA DI KELURAHAN GANJAR AGUNG KECAMATAN METRO BARAT KOTA METRO TAHUN 2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1200Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1194Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sumur gali yang ada di sekitar lokasi industri tahu yang ada di Kelurahan Ganjar Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah sumur gali yang ada di sekitar lokasi industri tahu, dan sampel dalam penelitian ini adalah sumur yang berada pada jarak dekat, sedang dan jauh yang diperoleh menggunakan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik survei, uji laboratorium dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif yang memiliki tiga tahapan yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa 1) sampel air sumur yang telah diambil dari sumur gali milik warga ini telah mengalami pencemaran. 2) pencemaran yang diakibatkan oleh limbah tahu ini dapat dilihat melalui uji laboratorium parameter fisika dan kimia. 3) Pencemaran tersebut bisa dilihat dari sampel yang diambil pada jarak dekat dan sedang, yang rata-rata dari hasil uji laboratorium dengan parameter fisika dan kimia melebihi ambang batas sehingga membutuhkan penanganan khusus untuk meminimalisir dampak yang akan diakibatkan. 4) Pada sampel yang diambil pada jarak jauh menunjukkan hasil dibawah ambang batas dan aman untuk digunakan oleh warga. Hal ini menunjukkan adanya penurunan kualitas air sumur gali milik warga akibat pembuangan limbah tahu sekarang langsung ke aliran air. Kata Kunci: parameter fisika, parameter kimia, kualitas air. ABSTRACT The purpose of this research is to determine the quality of dug well water around the location of the tofu industry in Ganjar Agung Urban Village. The research method used is survey method. Research population is the dug wells around the location of tofu industry, and the samples are wells located at close, medium and far distance obtained using Purposive Sampling technique. Data collecting used survey technique, laboratory test and documentation. Data analysis technique used interactive data analysis that has three stages of data reduction, data presentation and drawing conclusion. The result of laboratory test showed 1) well water samples that have been taken from the dug wells belonging to the citizens have been polluted. 2) Pollution caused by the tofu waste can be seen through laboratory test of physical and chemical paramaters. 3) The contamination can be seen from samples taken at close and medium distance, the average of laboratory test results with physical and chemical parameters exceeding the threshold so it requires special handling to minimize the impact that will result. 4) In samples taken at long distances showing result below the threshold and safe for use by citizens. This indicates that there is a decrease in the quality of well water belonging to the citizens due to the disposal of tofu waste now directly into the water stream. Keywords: physics parameters, chemical parameters, water quality.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > G Geography (General)
> RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 201837394 . Digilib
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:14
Terakhir diubah: 29 Aug 2018 03:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33069

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir