PERANAN PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN WAWASAN KEBANGSAAN KEPADA SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KECAMATAN SEPUTIH BANYAK)

Muhammad Bimo Sakti , 1413032043 (2018) PERANAN PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN WAWASAN KEBANGSAAN KEPADA SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KECAMATAN SEPUTIH BANYAK). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3188Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peranan pesantren dalam menumbuhkan wawasan kebangsaan kepada santri. Penelitian ini menggunakan metode deskripif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengunmpulan data; wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi serta uji kredibilitas menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peranan pesantren dalam menumbuhkan wawasan kebangsaan kepada santri yaitu berperan dalam menumbuhkan tekad untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas merdeka, dan bersatu dengan memberikan pengalaman melalui ustadz/ustadzah sebagai contoh yang ditiru santri. Berperan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa dengan adanya hubungan timbal balik antara ustadz/ustadzah dengan santri. Berperan menumbuhkan sikap demokrasi dengan menanamkan nilai-nilai demokrasi di dalam proses pembelajaran,dan berperan menumbuhkan kesetiakawanan sosial kepada santri dengan diarahkannya santri dalam kegiatan masyarakat. Kata Kunci : Pesantren, Santri, Wawasan Kebangsaan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > JC Political theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 201893050 . Digilib
Date Deposited: 04 Sep 2018 07:53
Terakhir diubah: 04 Sep 2018 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33111

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir