EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS ASSURE MATERI SEL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

NORA PRAMARTASARI , 1413024057 (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS ASSURE MATERI SEL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (767Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (790Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas media pembelajaran monopoli berbasis ASSURE dalam peningkatan berpikir kritis peserta didik pada materi sel kelas XI SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA I dan XI MIA III berjumlah 65 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data penelitian ini merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik yang berdasarkan pada instrument lalu dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari N-Gain, rata-rata nilai pretest, dan posttest, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji U pada taraf kepercayaan 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen memiliki rata-rata pencapaian skor berpikir kritis dengan kategori “sangat baik” sedangkan kelas kontrol kategori rata-rata pencapaian skor berpikir kritis pada peserta didiknya ialah “kurang”. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata nilai gain (44.67 ± 2.815). Dengan demikian, media pembelajaran monopoli berbasis ASSURE efektif terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik pada materi sel kelas XI SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Kata kunci: Assure, berpikir kritis, media monopoli, peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 201836007 . Digilib
Date Deposited: 26 Sep 2018 08:51
Terakhir diubah: 26 Sep 2018 08:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33216

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir