PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIK, AUDIOTORI, VISUAL, INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 5 METRO PUSAT

Nur Asiah, 1413053084 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIK, AUDIOTORI, VISUAL, INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 5 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1175Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1174Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1175Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Somatik, Audiotori, Visual, Intelektual terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat. Jenis penelitian adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket respon siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat, teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh jadi dalam penelilitian ini jumlah populasi digunakan sebagai sampel yaitu 72 siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 77 katagori “Tinggi”, lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 65 dengan katagori “Tinggi”, artinya terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Somatik, Audiotori, Visual, Intelektual terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat. Kata kunci: somatik, audiotori, visual, intelektual, hasil belajar IPA. ABSTRACT The problem in this study is the low learning outcomes of Natural Sciences (IPA) of the fifth grade students of SD Negeri 5 Metro Pusat. The purpose of this study was to determine the effect of the use of Somatic learning models, audiences, visuals, intellectuals on the learning outcomes of grade V SD Negeri 5 Metro Pusat. This type of research is experimental. Data collection techniques were carried out using test techniques and student response questionnaires. The population of this study were all students in grade V SD Negeri 5 Metro Pusat, the sampling technique was saturated sampling technique so in this study the number of population used as a sample was 72 students. The results of the study showed that the average posttest score in the experimental class was 77 categories of "High", higher than the control class, namely 65 with the category "High", meaning that there was an increase in students' learning outcomes of students. Based on testing the hypothesis there is a significant influence on the use of Somatic learning models, audiences, visuals, intellectuals on the learning outcomes of science in grade V SD Negeri 5 Metro Pusat. Keywords: somatic, audiotory, visual, intellectual, science learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 188957216 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:32
Terakhir diubah: 03 Oct 2018 06:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33291

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir