NOVITA SURYANI , 1413054030 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BELA BANGSA MANDIRI. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1434Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1435Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah pada penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman konsep sains pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) terhadap pemahaman konsep sains anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat pre-experimental dengan desain pretest dan posttest. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling sebanyak 30 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis pengalaman terhadap pemahaman konsep sains, hal ini terbukti bahwa pemahaman konsep sains anak dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) mengalami peningkatan. Kata Kunci : berbasis pengalaman, konsep sains abstract The problem in this study was the lack of understanding of the science’s concept in children aged 5-6 years. This study aims to determine the effect of experiential learning’s model on the understanding of scientific concepts of children aged 5-6 years. The type of this research was a quantitative research which was preexperimental with pretest and posttest design. The research sample was taken using purposive sampling as many as 30 children. Data collection techniques that used were observation and documentation. While the data analysis that used was simple linear regression analysis and paired sample t-test. The results showed that there was an influence of experiential learning’s model on understanding the science’s concept, it was evident that understanding the concept of children’s science using experiential learning’s model had increased. . Keywords : concept of science, experiential learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Pengguna Deposit: | 188806636 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:09 |
Terakhir diubah: | 08 Oct 2018 06:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33522 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |