HUBUNGAN ANTARA KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018

ERNI MENTARI , 1413034017 (2018) HUBUNGAN ANTARA KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1125Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1125Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelengkapan sumber belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan populasi yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumijajar tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 180 siswa yang kemudian diambil sebagai sampel sebanyak 72 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan tehnik dokumentasi dan angket. Analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan sumber belajar yang dimiliki siswa dirumah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tumijajar, diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,736. rtabel = 0,235. Hal ini berarti semakin tinggi kelengkapan sumber belajar yang dimiliki siswa dirumah maka akan semakin tinggi hasil belajar yang dicapai siswa, dan sebaliknya semakin rendah kelengkapan sumber belajar yang dimiliki siswa dirumah maka akan semakin rendah hasil belajar yang dicapai siswa. (2) Terdapat hubungan positif yang cukup tinggi antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumijajar, diperoleh rxy = 0,606. rtabel = 0,235. Hal ini berarti semakin tinggi motivsi belajar maka akan semakin tinggi hasil belajar yang dicapai siswa, dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa dirumah maka akan semakin rendah hasil belajar yang dicapai siswa. Kata Kunci : Kelengkapan sumber belajar, motivasi siswa, hasil belajar ABSTRACT This study aims to find out about the relationship between the completeness of learning resources and learning motivation with the results of geography learning of the first grade students in SMA Negeri 1 Tumijajar, district of West Tulang Bawang academic year of 2017/2018. The research method used is correlational research method of which population are the first grade student of SMA Negeri 1 Tumijajar academic year 2017/2018 with 72 students taken as sample from the total of 180 students. The data collecting technique used in this research is documentation and questionnaires. The data analysis used is product moment correlation. Based on the results of data analysis, it shows that: (1) there is a positive and significant correlation between the completeness of learning resources owned by students at home with the students' learning outcomes on the subjects of geography of the first grade students in SMA Negeri 1 Tumijajar, the correlation coefficient obtained is rxy = 0,736. rtabel = 0,235. This means that the higher the completeness of learning resources owned by students at home, the higher the learning outcomes achieved by students; moreover, the lower the completeness of learning resources owned by students at home, the lower the learning outcomes achieved by students. (2) There is a high positive correlation between students' learning motivation and students' learning outcomes in geography subjects of the first grade students in SMA Negeri 1 Tumijajar, with rxy = 0,606. rtabel = 0,235. This means that the higher the motivation to learn, the higher the learning outcomes achieved by students; conversely, the lower the motivation to learn students at home then the lower the learning achievement of students. Keywords: completeness of learning resources, students' motivation, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 188509281 . Digilib
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:35
Terakhir diubah: 08 Oct 2018 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33523

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir