PENGARUH PENERAPAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERDASARKAN PERBEDAAN TIPE KEPRIBADIAN PADA MATERI GERAK PADA BENDA DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG

Fadila Nurhusna, 1413022025 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERDASARKAN PERBEDAAN TIPE KEPRIBADIAN PADA MATERI GERAK PADA BENDA DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (312Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1316Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1317Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan perbedaan tipe kepribadian koleris, melankolis, phlegmatis, dan sanguinis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Sampel diambil dengan latar belakang memiliki empat tipe kepribadian. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan tipe Pretestposttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data keterampilan berpikir kritis menggunakan Pretest-posttest dan tipe kepribadian siswa menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tipe kepribadian koleris, melankolis, phlegmatis, dan sanguinis, ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,000. (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara keempat tipe kepribadian, yaitu koleris dan melankolis, koleris dan phlegmatis, koleris dan ii sanguinis. Hal ini disebabkan siswa koleris yang lebih cenderung tampak lebih aktif dalam berkomunikasi dan bergerak cepat untuk bertindak, dimana pada model Argument Driven Inquiry (ADI) ini siswa dituntut untuk banyak memberikan argumentasi melalui lisan atau berkomunikasi antar sesama siswa untuk memberikan argumentasinya. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) pada materi Gerak pada benda mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Kata Kunci : Argument Driven Inquiry, kemampuan berpikir kritis, tipe kepribadian. Fadila Nurhusna iii

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 188964038 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:55
Terakhir diubah: 12 Oct 2018 02:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33590

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir